Laporan Training Online Simulasi Digital Gelombang 3 – 4



KATA PENGANTAR

 

    Puji syukur kehadirat Allah SWT atas segala rahmat dan hidayah-nya sehingga penulis dapat menyelesaikan laporan kegiatan uji coba training online ini dengan baik dan lancar. Laporan kegiatan ini, bertujuan untuk menyebarkan kurikulum 2013 yaitu simulasi digital melalui straining online, dan penulis dapat berbagi ilmu dengan menjadi instruktur melalui pendampingan mempraktekkan ilmu kepada peserta kegiatan training online. Penulis mengucapkan banyak terima kasih yang sebesar-besarnya kepada rekan rekan sekalian yang telah membantu dan memberi dukungan kepada penulis dalam penyelesaian laporan ini.

Penulis menyadari bahwa laporan ini jauh dari sempurna. Terkait dengan kelebihan dan kekurangan dari tugas ini, penulis mengharapkan kritik dan saran yang membangun untuk perbaikan. Penulis berharap Makalah ini akan memberi manfaat bagi pembaca dan pengalaman bagi penulis.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  1. LATAR BELAKANG

Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Jawa Tengah dibentuk berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 07 tahun 2007. Sebelum keputusan tersebut terbit bernama Balai Penataran Guru (BPG) Semarang dan Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan Jawa Tengah (LPMP) Jawa Tengah. Secara geografis LPMP Jawa Tengah berlokasi di Jalan Kyai Maja Srondol Kulon Semarang dengan areal tanah seluas 24.634 m2.

 

Balai Penataran Guru Semarang pada awal berdirinya diatur oleh Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 0116/O/1977 tanggal 23 April 1977 tentang Tata Kerja Balai Penataran Guru dan Tenaga Teknis Regional. Selanjutnya melalui Keputusan Mendikbud Nomor 0181/O/1979 tanggal 20 Agustus 1979 Balai Penataran Guru dan Tenaga Teknis Regional diubah menjadi Balai Penataran Guru. Struktur organisasi BPG saat itu diatur menurut Keputusan Mendikbud Nomor 0203/O/1978 tanggal 23 Juli 1978, yang susunan organisasinya belum mencerminkan lembaga penataran karena belum tampak adanya tenaga fungsional. Dalam perkembangan selanjutnya, fungsi dan peranan BPG Semarang semakin meningkat setelah terbit Keputusan Mendikbud Nomor 024/O/1991 tenggal 2 Mei 1991 tentang Struktur Organisasi dan Tata Kerja Balai Penataran Guru yang didalamnya memuat pula jabatan struktural dan fungsionalnya dalam BPG. Selanjutnya Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan Jawa Tengah dibentuk berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 087/O/2003 tanggal 4 Juli 2003 sebagai lembaga yang bertujuan agar pelaksanaan pendidikan di Jawa Tengah sesuai dengan standar, norma, kriteria dan prosedur yang ditetapkan oleh pemerintah pusat.

Seiring dengan perkembangan zaman dan tuntutan masyarakat terhadap peningkatan mutu pendidikan, pemerintah melalui Departemen Pendidikan Nasional melakukan restrukturisasi dan refungsionalisasi BPG. Semarang dan Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan Jawa Tengah menjadi Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan Jawa Tengah. Pembentukan LPMP Jawa Tengah ini bertujuan agar pelaksanaan pendidikan di Jawa Tengah sesuai dengan standar, norma, kriteria dan prosedur yang ditetapkan oleh pemerintah pusat. Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan Jawa Tengah merupakan Unit Pelaksana Teknis (UPT) pusat di bawah Ditjen Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PMPTK).

Penggunaan teknologi sebagai media pengelolaan informasi, teknologi informasi telah mulai diajarkan bagi siswa SMP sejak tahun 2000, dalam kemasan Mata Pelajaran Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi (KKPI). Mata pelajaran “KKPI”, dalam sebutan nama mata pelajaran lain sejenis, juga mulai tumbuh pada jenjang pendidikan di bawah dan yang setingkat dengan SMP.

Perkenalan fungsi komputer bagi siswa dan terutama, mahasiswa, serta masyarakat luas sudah lebih dari sekadar pengelolaan informasi sebagai langkah awal mendapatkan informasi lebih cepat. Siswa pada jenjang pendidikan menengah di lokasi tertentu, kota besar atau sekolah yang sudah memberikan mata pelajaran KKPI”, tidak dapat menunggu lebih lama lagi untuk memanfaatkan kemudahan dan percepatan teknologi informasi, terlebih pada masa yang sudah memasuki era digital. Pertumbuhan dan percepatan teknologi harus dimanfaatkan. Justru pemanfaatan kemudahan dan percepatan teknologi informasi ini akan menjadi bumerang yang merugikan siswa bila tidak diarahkan pada materi yang bermanfaat bagi siswa dan masyarakat luas.

Pengelolaan informasi untuk mendapat informasi lebih cepat, mata pelajaran KKPI telah berhasil mengubah kesadaran siswa memasuki era informasi. Kesadaran tersebut masih bersifat pasif, masih sebagai penerima informasi. Peningkatan tataran ini adalah kesadaran menggunakan teknologi informasi sebagai media berbagi (sharing) informasi kepada pihak lain. Di luar kendali pendidikan, media sosial juga berkembang cepat dan justru lebih merebak, sangat luas.

Dalam rangka menyiapkan guru SMK untuk pelajaran simulasi digital sebagai pengganti mata pelajaran KKPI, SEAMOLEC mengadakan pelatihan simulasi digital dengan metode online melalui 6 gelombang. Pelatihan training online ini dilaksanakan untuk uji coba apakah proses penyebaran kurikulum 2013 yaitu simdig dapat dilakukan melalui Streaming. Uji coba gelombang 1 telah dilaksankan pada tanggal 23 – 25 April 2014 di 27 LPMP salah satunya di LPMP Jateng dengan materi Buku Digital. Sedangkan gelombang ke dua dilaksankan pada tanggal 28 – 29 April untuk Kelas Maya. Gelombang ke tiga yang harusnya dilaksanakan pada tanggal 5 – 7 Mei 2014 tidak dapat dilaksanakan di LPMP Jateng, dikarenakan seluruh staf mengawas UN ke daerah-daerah terpencil di Jawa Tengan sehingga tidak dapat mempersiapkan training online. Lalu gelombang ke empat ini dilaksanakan pada tanggal 12 – 13 Mei 2014 dengan materi Kelas Maya.

  1. TUJUAN

    1. Menyebarkan kurikulum 2013 yaitu Simulasi Digital melalui Training Online.
    2. Mencari sekolah yang siap untuk menjadi TUK Simulasi Digital di setiap kota/kabupaten JATENG sebanyak-banyaknya.
    3. Menyebarkan informasi mengenai SDP SMK Rujukan untuk pelatihan pendampingan penyusunan proposal SMK Rujukan bagi sekolah yang berminat.
    4. Memberikan pelatihan mengenai dua kompetensi dasar Simulasi Digital, yaitu Buku Digital dan Kelas Maya.

       

  2. TEMPAT DAN WAKTU PELAKSANAAN

    GELOMBANG 3

    Tempat pelaksanaan    : LPMP Jawa Tengah

    Waktu pelaksanaan    : 6 – 8 Mei 2014

GELOMBANG 4

    Tempat pelaksanaan    : LPMP Jawa Tengah

    Waktu pelaksanaan    : 12 – 13 Mei 2014

 

  1. STRATEGI PELAKSANAAN

    1. Pada gelombang ke- 3, LPMP Jateng tidak dapat mengikuti Training Online dikarenakan seluruh staf LPMP tugas ke luar kota. Pada gelombang ke- 4 berjumlah 20 orang.
    2. Pada gelombang ke- 4 ini materi training adalah Kelas Maya yaitu, Edmodo.
    3. Pelatihan ini menggunakan ruang sidang di Gedung I LPMP.
    4. Satu ruangan difasilitasi oleh 1 narasumber dari SEAMOLEC dan 2 staff IT terkait.
    5. Pelatihan dilaksanakan selama dua hari.
    6. Hari pertama, pembuatan akun Edmodo. Hari kedua penjelasan mengenai fitur-fitur yang ada pada Edmodo.
    7. Di akhir pelatihan, dipilih beberapa peserta untuk mempresentasikan hasil pelatihan berupa akun Edmodo dan penjelasan mengenai beberapa fitur yang ditawarkan Edmodo.
    8. Pembukaan pelatihan secara resmi dibuka oleh Ibu pejabat LPMP Jateng.

 

  1. JADWAL

Untuk gelombang 4 berikut jadwal kegiatan pelatihan :

No.

Tanggal 

Waktu 

Delivery System 

Materi 

1. 

12 Mei 2014

10:00 – 12:00 

Streaming Online 

Kelas Maya (Edmodo) 

2. 

13 Mei 2014

13:00 – 14:00 

Tatap Muka (Praktik Mandiri didampingi asisten) 

 

  1.  

Gelombang ke- 4:

No 

Nama 

Institusi 

1 

Mukhtar Khanafi

SMK NU Ungaran 

2 

Andi Wisnu Ariyanto 

SMKN 1 Bawen 

3 

Anies Erfan D. B. 

SMKN 6 Semarang 

4 

M. Ari Susanto 

SMKN 2 Kendal 

5 

Arif Lestiyono 

SMK Telkom Tunas H 

6 

Antik Hariyanti 

SMKN 4 Kendal 

7 

Teguh Setya A. 

SMKN 1 Kendal 

8 

Aan Catur Widodo 

SMKN 11 Semarang

9 

Setiyo Budi Utomo 

SMKN 5 Semarang 

10 

M. Chamid 

SMKN 3 Salatiga 

11 

Nur Endah K 

SMKN 2 Demak 

12 

Suryo Handoko 

SMKN 2 Salatiga 

13 

R. Akh. Mukhlis C. P. 

SMKN 3 Semarang 

14 

Sri Budi Rahayu 

SMKN 8 Semarang 

15 

Dwi Retnowati 

SMKN 2 Semarang 

16 

Illal Albab 

SMKN 1 Salatiga 

17 

Florens Nurhayati 

SMKN 1 Salatiga 

18 

Anik Mudzakiroh 

SMKN 1 Demak 

19 

Hari Seputro 

SMKN 7 Semarang 

20 

Sunardi 

SMKN 4 Semarang 

 

 

 

 

  1.  

    Senin, 12 April 2014

    10.00 – 12.00 WIB
    (Praktik Mandiri)

    Materi : Kelas Maya (Edmodo)

  • Pengertian Kelas Maya dan pengenalan Edmodo
  • Jenis – jenis pengelolahan Kelas Maya
  • Memanfaatkan Social Learning Network dengan edmodo
  • Pembuatan akun Edmodo sebagai guru

13.00- 14.00 (Praktik Mandiri)

  • Memulai penggunaan Edmodo bagi guru
  • Pembuatan dan pengaturan Kelas Virtual (Grup) dalam Edmodo
  • Penjelasan fitur-fitur sebagai guru di Edmodo

 

Selasa 29 April 2014

10.00 – 12.00 WIB (Praktik Mandiri)

  • Manajemen konten dalam Edmodo
  • Penggunaan fitur-fitur pada Edmodo
  • Review materi

     

13.00 – 14.00 WIB (Streaming Online)

  • Tanya jawab mengenai pelatihan
  • Persentasi akun Edmodo

     

 

  1.  
    1. Kegiatan streaming tidak dapat dilaksanakan, dikarenakan terjadi kendala atau gangguan dari server SEAMOLEC. Sehingga training dilanjutkan secara offline, mengandalkan instruktur yang telah ditugaskan ke daerah-daerah.
    2. Peserta cukup antusias mengikuti pelatihan, walaupun kegiatan dilaksanakan secara offline.
    3. Saran dari peserta, training secara offline lebih efektif dan efesien dibandingkan dengan training secara online yang lebih banyak mengalami kendala.
    4. Jika memang pelatihan tetap ingin dilaksanakan secara online, maka persiapan harus diperketat lagi agar hasilnya pun maksimal dan tidak membuang-buang waktu.
    5. Peserta menginginkan pelatihan dilaksanakan secara sistematis dan terstruktur.
    6. Peserta lebih mempertanyakan tentang tujuan kegiatan dibandingkan manfaat dari kegiatan pelatihan itu sendiri.

 

  1. TINDAK LANJUT KEGIATAN    

Materi yang disampaikan pada gelombang ke- 4 ini adalah Edmodo. Beberapa peserta atau guru pernah mengikuti pelatihan mengenai Edmodo sebelumnya, jadi beberapa guru pun langsung menerapkan pembelajaran menggunakan Edmodo setelah pelatihan ini dilaksanakan. Namun kendala untuk guru-guru yang mengajar dipelosok cukup sulit untuk menggunakan platform pembelajaran ini kepada para siswa-siswanya.

Menurut guru-guru yang sudah menerapkan sistem pembelajaran ini, sistem ini sangat membantu para guru-guru yang sering ditugaskan ke luar kota untuk tetap dapat memberikan materi pembelajaran kepada siswa-siswanya. Siswa juga lebih antusias apabila guru menggunakan sistem pembelajaran ini. Disamping dapat mengenalkan kepada para siswa mengenai sistem pembelajaran jarak jauh yang praktis, sistem ini juga diharapkan dapat meningkatkan motivasi siswa dalam belajar.

j.    FOTO KEGIATAN

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

K.    REKAP FORM EVALUASI

NO 

Penilaian 

Responden 

1 

2 

3 

4 

5 

6 

7 

8 

9 

10 

1 

Dengan mengikuti pelatihan ini, maka saya merasa kemampuan saya bertambah secara 

3 

3 

4 

4 

3 

4 

4 

4 

4 

4 

2 

Dalam melaksanakan tugas sehari-hari di tempat kerja saya, kompetensi yang saya dapatkan setelah mengikuti pelatihan ini

3 

3 

3 

4 

3 

3 

4 

3 

4 

4 

3 

Seluruh materi yang diberikan sesuai dengan bidang kerja yang saya miliki 

4 

3 

4 

4 

3 

4 

4 

4 

4 

4 

4 

Seluruh materi yang diberikan sesuai dengan kemampuan awa yang saya miliki

2 

3 

4 

4 

3 

3 

4 

3 

4 

4 

5 

Untuk mengikuti pelatihan saya harus memiliki pengetahuan/kemampuan prasyarat 

3 

3 

3 

2 

1 

3 

4 

2 

2 

2 

6 

Materi pelatihan sesuai dengan kompetensi yang akan dicapai 

2 

3 

4 

4 

2 

3 

4 

3 

4 

4 

7 

Penyampaian materi pada pelatihan ini dilakukan dengan sistematis

2 

3 

3 

4 

2 

3 

4 

3 

4 

4 

8 

Alokasi waktu yang diberikan pada masing-masing mater bila dibandingkan dengan tingkat kesulitan dan kedalaman materi 

2 

3 

3 

4 

2 

3 

4 

3 

3 

3 

9 

Media untuk mendukung proses pembelajaran

2 

3 

2 

4 

2 

3 

3 

3 

4 

4 

10 

Pemilihan media yang digunakan dalam pelaksanaan pelatihan 

3 

3 

3 

4 

3 

3 

3 

4 

4 

4 

11 

Media yang tersedia digunakan dengan baik 

3 

3 

3 

4 

2 

3 

4 

3 

4 

4 

12 

Pemilihan strategi pembelajaran didasarkan atas kompetensi yang akan dicapai 

2 

3 

3 

4 

3 

3 

4 

3 

4 

4 

13 

Pemilihan strategi pembelajaran didasarkan atas karakteristik peserta pelatihan 

3 

3 

4 

4 

3 

4 

4 

3 

4 

4 

14 

Pemilihan strategi pembelajaran didasarkan atas materi pelatihan 

3 

3 

4 

4 

3 

3 

3 

3 

4 

4 

15 

Strategi pembelajaran yang digunakan sesuai untuk mengaktifkan peserta pelatihan

3 

3 

4 

4 

3 

4 

4 

3 

4 

4 

16 

Sarana belajar yang tersedia 

2 

3 

3 

4 

2 

4 

4 

2 

4 

4 

17 

Setiap fasilitator mampu menjelaskan materi yang menjadi tanggungjawabnya 

3 

3 

4 

4 

3 

4 

4 

3 

4 

4 

18 

Teknik penyajian yang digunakan fasilitator dalam menyampaikan masing-masing materi

3 

3 

3 

4 

2 

4 

4 

3 

3 

3 

19 

Seluruh materi yang diberikan saat pelatihan dilengkapi dengan bahan ajar 

2 

3 

2 

4 

1 

3 

3 

2 

4 

4 

20 

Untuk pelatihan yang memerlukan kegiatan praktek, semua fasilitator beerada dalam ruang praktek dan membantu peserta sehingga praktek menjadi lancar

2 

3 

3 

4 

2 

4 

4 

3 

4 

4 

21 

Seluruh fasilitator menggunakan waktu pelatihan secara cermat sesuai dengan jadwal pelatihan yang telah dibuat 

3 

3 

3 

4 

2 

4 

4 

3 

4 

4 

22 

Fasilitator memulai dan mengakhiri kegiatan sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan

3 

3 

4 

4 

2 

4 

4 

3 

4 

4 

23 

Panitia memantau agar setiap kegiatan dimulai dan diakhiri tepat waktu/sesuai kesepakatan 

3 

3 

4 

4 

2 

4 

4 

3 

4 

4 

24 

Pada akhir pelatihan peserta diberikan kesempatan untuk memaparkan hasil yang telah dibuat pada saat pelatihan berlangsung

3 

3 

3 

3 

2 

4 

4 

  

3 

3 

25 

Soal tes yang diberikan sesuai dengan kompetensi yang akan dicapai 

3 

3 

4 

4 

2 

3 

3 

3 

4 

4 

26 

Soal tes yang diberikan dapat saya jawab dengan baik 

3 

3 

3 

3 

2 

3 

3 

3 

4 

4 

 

 

NO 

Penilaian

Responden 

11 

12 

13 

14 

15 

16 

17 

18 

19 

20 

1 

Dengan mengikuti pelatihan ini, maka saya merasa kemampuan saya bertambah secara 

3 

3 

3 

3 

3 

4 

3 

3 

3 

3 

2 

Dalam melaksanakan tugas sehari-hari di tempat kerja saya, kompetensi yang saya dapatkan setelah mengikuti pelatihan ini

4 

4 

3 

3 

4 

4 

4 

4 

3 

3 

3 

Seluruh materi yang diberikan sesuai dengan bidang kerja yang saya miliki 

4 

4 

3 

3 

3 

3 

4 

4 

3 

3 

4 

Seluruh materi yang diberikan sesuai dengan kemampuan awa yang saya miliki 

3 

3 

3 

2 

3 

3 

4 

4 

3 

2 

5 

Untuk mengikuti pelatihan saya harus memiliki pengetahuan/kemampuan prasyarat

1 

2 

1 

2 

2 

1 

3 

3 

2 

3 

6 

Materi pelatihan sesuai dengan kompetensi yang akan dicapai 

4 

4 

3 

3 

3 

3 

4 

4 

3 

2 

7 

Penyampaian materi pada pelatihan ini dilakukan dengan sistematis 

4 

3 

3 

3 

3 

4 

3 

4 

3 

2 

8 

Alokasi waktu yang diberikan pada masing-masing mater bila dibandingkan dengan tingkat kesulitan dan kedalaman materi

3 

3 

3 

3 

3 

3 

3 

4 

3 

1 

9 

Media untuk mendukung proses pembelajaran 

2 

3 

2 

2 

3 

4 

3 

3 

3 

3 

10 

Pemilihan media yang digunakan dalam pelaksanaan pelatihan

3 

3 

3 

4 

3 

4 

3 

4 

3 

3 

11 

Media yang tersedia digunakan dengan baik 

3 

3 

3 

2 

3 

4 

3 

4 

3 

3 

12 

Pemilihan strategi pembelajaran didasarkan atas kompetensi yang akan dicapai 

4 

3 

3 

3 

3 

3 

3 

3 

3 

3 

13 

Pemilihan strategi pembelajaran didasarkan atas karakteristik peserta pelatihan

3 

3 

3 

3 

3 

4 

3 

3 

3 

3 

14 

Pemilihan strategi pembelajaran didasarkan atas materi pelatihan 

3 

3 

3 

3 

3 

3 

3 

4 

3 

3 

15 

Strategi pembelajaran yang digunakan sesuai untuk mengaktifkan peserta pelatihan 

4 

3 

3 

3 

4 

3 

3 

4 

3 

2 

16 

Sarana belajar yang tersedia

3 

3 

2 

2 

3 

4 

3 

3 

3 

3 

17 

Setiap fasilitator mampu menjelaskan materi yang menjadi tanggungjawabnya 

3 

3 

3 

3 

3 

4 

3 

4 

3 

3 

18 

Teknik penyajian yang digunakan fasilitator dalam menyampaikan masing-masing materi 

3 

3 

3 

3 

3 

3 

3 

3 

3 

2 

19 

Seluruh materi yang diberikan saat pelatihan dilengkapi dengan bahan ajar

3 

3 

3 

2 

3 

3 

2 

2 

3 

2 

20 

Untuk pelatihan yang memerlukan kegiatan praktek, semua fasilitator beerada dalam ruang praktek dan membantu peserta sehingga praktek menjadi lancar 

3 

3 

3 

3 

3 

4 

3 

3 

3 

2 

21 

Seluruh fasilitator menggunakan waktu pelatihan secara cermat sesuai dengan jadwal pelatihan yang telah dibuat 

3 

3 

3 

3 

3 

4 

3 

4 

3 

2 

22 

Fasilitator memulai dan mengakhiri kegiatan sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan 

4 

3 

3 

3 

3 

4 

3 

3 

3 

3 

23 

Panitia memantau agar setiap kegiatan dimulai dan diakhiri tepat waktu/sesuai kesepakatan

3 

3 

3 

3 

3 

4 

3 

3 

2 

3 

24 

Pada akhir pelatihan peserta diberikan kesempatan untuk memaparkan hasil yang telah dibuat pada saat pelatihan berlangsung 

3 

3 

3 

3 

3 

3 

3 

3 

2 

2 

25 

Soal tes yang diberikan sesuai dengan kompetensi yang akan dicapai

3 

3 

  

3 

3 

3 

3 

3 

3 

3 

26 

Soal tes yang diberikan dapat saya jawab dengan baik 

3 

3 

  

3 

3 

3 

3 

3 

3 

3 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

LAMPIRAN

DETAIL INFORMATION RESPONDEN

Gelombang 4

No. 

Nama Lengkap 

TTL 

Asal Institusi

1 

Muhtar Khanafi A.Md.Kom 

Kab. Semarang, 06 Oktober 1987 

SMK NU Ungaran 

2 

Anies Erfan Dinarin Budiarso, S.Pd 

Kudus, 30 Desember 1985 

SMKN 6 Semarang 

3 

Suryo Handoko, S.Si 

Semarang, 09 Februari 1974 

SMKN 2 Salatiga 

4 

Raden Akhmad Mukhlis Catur Prasetyo

Pamekasan, 1 Juni 1974 

SMKN 3 Semarang 

5 

Arif Lestiyono, S.Kom 

Salatiga, 18 Mei 1976 

SMK Telekomunikasi Tunas Harapan 

6 

Sri Budi Rahayu, S.Pd 

Semarang, 3 Juli 1969 

SMKN 8 Semarang 

7 

Sunardi, S.Kom, M.Kom 

Semarang, 23 Februari 1977 

SMKN 4 Semarang 

8 

Setiyo Budi Utomo, S.Kom 

Boyolali, 04 Juni 1982 

SMKN 5 Semarang 

9 

Hari Seputro, S.Pd, MT 

Semarang, 21 September 1967 

SMKN 7 Semarang 

10 

Florens Nurhayati, S.Kom 

Jakarta, 28 April 1984 

SMKN 1 Salatiga 

11 

Dwi Retnowati, S.Pd 

Semarang, 01 Maret 1978 

SMKN 2 Semarang

12 

Anik Mudzakiroh, S.Kom 

Demak, 08 Februari 1979 

SMKN 1 Demak 

13 

Antik Hariyanti, S.Kom 

Kendal, 02 November 1980 

SMKN 4 Kendal 

14 

Andi Wisnu Ariyanto, S.Kom 

Kab. Semarang, 23 Maret 1977 

SMKN 1 Bawen 

15 

Teguh Setya Abadi, S.Kom 

Kendal, 03 Juli 1976

SMKN 1 Kendal 

16 

Aan Catur Widodo, S.Kom 

Semarang, 04 April 1977 

SMKN 11 Semarang 

17 

Muhammad Ari Susanto, S.ST 

Kendal, 5 Maret 1984 

SMKN 2 Kendal 

18 

Nur Endah Kusumawiyanti, S.Kom 

Salatiga, 14 Mei 1975 

SMKN 2 Demak 

19 

Illal Albab 

Kudus, 12 Desember 1983

SMK Muhammadiyah 3 Pucang Gading 

20 

Muhammad Chamid, A.Md 

Kab. Semarang, 9 Desember 1985 

SMKN 3 Salatiga 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s