LAPORAN MAGANG POLDA JATENG

LAPORAN KEGIATAN MAGANG

POLDA JAWA TENGAH

Nama: Rizqia Wulan Sari

NIM: 49013098

Semarang, Jawa Tengah

2014

A. LATAR BELAKANG

STIK – PTIK (Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian – Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian) adalah sekolah tinggi satu-satunya kepolisian di Indonesia yang melayani S1 dan S2, PTIK mempunyai kapasitas asrama sebanyak 700-an siswa, dimana tiap tahun ada tiga angkatan, artinya tiap angkatan sekitar 200-an. Sedangkan Polisi yang harus dilayani sampai 2015 sebanyak 70.000-an siswa, ini membuat PTIK merubah metode pembelajaran menjadi PJJ (Pembelajaran Jarak Jauh). Pada tahun 2009 – 2010, PTIK sebenarnya sudah mencoba untuk mengusulkan PJJ, tetapi dilarang oleh DIKTI karena menggunakan model kelas jauh.

Pada tahun 2012 SEAMOLEC dan PTIK melakukan MoU untuk membantu PTIK menjalankan sistem PJJ. Saat ini PTIK sudah menyiapkan bahan ajar untuk PJJ. PTIK menunjuk Polda di seluruh Indonesia menjadi Sub Kampus dan Kampus utama berada di PTIK Jakarta.

PJJ di PTIK mempunyai karakter yang unik dan berbeda dengan tempat lain, yaitu memberikan kemandirian kepada mahasiswa, Kepolisian mengedepankan kedisiplinan dalam segala hal. PJJ di PTIK mewajibkan adanya tatap muka secara online, untuk itu PTIK menggunakan Web conferences, ini pun harus dilakuan serentak di tiap Polda di seluruh Indonesia.

Untuk Web conferences PTIK memilih untuk menggunakan BBB (Big Blue Button). Saat ini mereka sudah mempunyai server induk BBB di PTIK dengan jalur 30 Mbps, namun terjadi beragam permasalahan di Polda. Secara teori (kerjasama antar Telkom dan Polri) tiap Polda mempunyai ke kuatan 3 Mbps, dimana 2 Mbps akan disebar untuk ke semua staff, dan 1 Mbps akan di gunakan oleh KaPolda (Kepala Polda).

Setelah uji coba beberapa kali menggunakan BBB di tiap Polda tidak mempunyai kekuatan yang cukup, untuk itu SEAMOLEC membantu dengan menaruh 31 Mahasiswa D4 ITB ke tiap Polda untuk membatu secara teknik. Tugas dari Mahasiswa yang berada di masing-masing Polda adalah melakukan assessment jaringan serta memberikan bantuan secara teknik untuk jaringan.

B. KEGIATAN

Kegiatan magang yang dilakukan oleh mahasiswa D4 adalah melakukan assessment jaringan dan Evaluasi rencana pelaksanaan UPJJ STIK-PTIK serta membantu masalah teknis di bidang IT yang ada di Polda setempat. Diharapkan magang yang dilakukan ini menghasilkan suatu hasil nyata yang dapat memberikan kelancaran pada tiap Polda dalam mengikuti PJJ versi PTIK yang rencananya akan diselenggarakan mulai akhir bulan Maret ini.

Selain membantu dalam hal kelancaran PJJ, mahasiswa juga membantu kegiatan yang berhubungan dengan keterampilan IT lainnya. Mahasiswa juga memberikan pelatihan kepada admin dan teknisi serta mahasiswa PTIK di Polda mengenai program-program dan aplikasi yang akan digunakan dalam pelaksanaan PJJ STIK – PTIK.

Berikut ringkasan kegiatan selama magang:

No.

Hari/Tanggal

Kegiatan

Keterangan

1. Senin, 23 Desember 2014
  • Melakukan pengecekan alat bantuan dari ICITAP
  • Uji coba BBB dan pengecekkan kecepatan jaringan internet.
Bantuan berupa: Laptop, Webcam, Proyektor, Printer, Modem, SIM Card.

Jaringan yang digunakan adalah ASTINET up to 10 Mbps yang terkoneksi dengan 200 PC. Video yang ditampilkan putus-putus. (prediksi karena download speed kurang dari 1 Mbps pada jam kerja).

2. Selasa, 24 Desember 2014 Melakukan uji coba web conference menggunakan BBB sekaligus pengarahan dari Kombes Pol Edi dari STIK – PTIK. Setelan (setting) untuk share webcam dan audio yang sangat lambat atau dengan kata lain “not responding” dimana plugin flash tidak bekerja dengan baik, akibatnya tidak dapat sharing webcam dan audio.

3. Jum’at, 27 Desember 2014
  • Melakukan koordinasi dengan KABID TI Polda Jawa Tengah mengenai jaringan.
  • Melaksanakan uji coba BBB.

  • Membuat rancangan awal topologi jaringan Polda Jateng.
Mendapatkan pengarahan serta saran dari KABID TI. Video yang tampil jelas dan suara jernih, karena jaringan di Polda Jateng cukup stabil. Rancangan dibuat berdasarkan hasil koordinasi dengan teknisi Polda Jateng.
4.

Senin, 30 Desember 2013

  • Kedatangan tim Monev dari SEAMOLEC
  • Melakukan uji coba BBB bersama tim Monev
Tim Monev bertujuan untuk melakukan monitoring kondisi jaringan dan kelas PJJ di Polda Jateng.

5. Selasa, 31 Desember 2014 Melakukan uji coba web conference dengan menggunakan BBB. Kendalanya adalah jika logout, ketika masuk ke conference sulit untuk join audio dan share webcam.

6. Kamis, 2 Januari 2014 Uji coba BBB (Big Blue Button). Terjadi penurunan speed pada pukul 11:10 WIB.

7. Jum’at, 3 Januari 2014 Uji coba BBB dalam rangka gladi kotor sekaligus pengarahan dari pak Edi sebelum kegiatan launching USBJJ STIK – PTIK. Uji coba ini dibagi menjadi dua room, Kelas A dan Kelas B. Pembagian kelas ini dilakukan untuk meminimalisasi kendala-kendala yang sering terjadi pada hari-hari sebelumnya demi kelancaran pelaksanaan launching.
8. Sabtu, 4 Januari 2014 Melakukan gladi kotor ke- dua bersama dengan admin Polda Jateng. Gladi kotor ini dilaksanakan mulai pukul 08:00 WIB sampai dengan pukul 17:00 WIB. Pada kegiatan ini dilakukan check sound dan kualitas video demi kelancaran kegiatan launching PJJ.
9. Senin, 6 Januari 2014 Melaksanakan uji coba web conference dengan menggunakan aplikasi baru, yaitu WebEx. Aplikasi ini digunakan untuk meminimalisir kendala-kendala dari aplikasi sebelumnya demi kelancaran kegiatan launching. Kendala pada aplikasi sebelumnya pun tidak terjadi pada aplikasi ini.
10. Selasa, 7 Januari 2014 Melaksanakan gladi bersih untuk kegiatan launching. Check sound, penilaian kualitas video, mempersiapkan ruang kelas PJJ.
11. Rabu, 8 Januari 2014 Pelaksanaan kegiatan Launching PJJ dengan menggunakan WebEx.

Tidak ada kendala, karena jaringan di Polda Jateng cukup stabil.

12. Kamis, 16 Januari 2014 Sesi foto kelas PJJ di seluruh Polda via WebEx. Pak Edi memberikan sedikit pengarahan, lalu sesi capture hasil video untuk melihat kualitas video yang ditampilkan dari masing-masing Polda.
13. Kamis, 27 Januari 2014 Mendesain topologi jaringan Polda Jawa Tengah.
14. Jum’at, 7 Februari 2014 Web conference dengan menggunakan WebEx. Pengarahan dari Kombes Edi Setio mengenai sekaligus pemantauan kualitas video.
15. Senin, 10 Februari 2014 Mendesain topologi jaringan Polda Jateng.
16. Rabu, 12 Februari 2014 Uji coba WebEx. Melakukan tes suara dan kualitas video.
17. Senin, 17 Februari 2014 Kegiatan pengarahan dari STIK – PTIK kepada para Koordinator Mentor, Mentor, Admin dan Teknisi.
18. Selasa, 18 Februari 2014 Hari pertama kunjungan dari Tim Mabes Polri dan Lemdikpol di Polda Jateng. Tim terdiri dari 5 orang dalam rangka untuk monitoring dan evaluasi kesiapan Polda untuk melaksanakan kegiatan PJJ pada akhir Maret. Tim tersebut memberikan beberapa pertanyaan mengenai jaringan, kelas PJJ, aplikasi yang digunakan untuk PJJ, serta kesiapan dari personil PJJ.

19. Rabu, 19 Februari 2014 Kunjungan hari kedua dari Tim Mabes Polri dan Lemdikpol. Pada hari ini rencanya akan diadakan uji coba BBB, namun karena ada gangguan dari server PTIK maka hanya dilakukan uji coba WebEx serta aplikasi Moodle yang nantinya akan diakses oleh mahasiswa.

20. Kamis, 20 Februari 2014 Merekap Nominatif SIP Polri TA 2014.
21. Jum’at, 21 Februari 2014 Menginput data anggota pada TR LULUS RIKMIN SESPIMMA 2014.
22. Senin, 24 Februari 2014 Memperbaiki format soal SIP dari beberapa Satker di Polda Jateng. Kegiatan ini saya laksanakan sampai dengan Jum’at, 28 Februari 2014.

C. HASIL KEGIATAN

1. Jaringan Polda Jateng

Jaringan di Polda Jateng menggunakan provider ASTINET up to 10 Mbps. Sebanyak 200 PC yang terhubung dengan jaringan tersebut. Jaringan tersebut tidak menggunakan management bandwidth, dikarenakan sebelumnya pernah terjadi banyak permasalahan jaringan yang disebabkan oleh penggunaan management bandwidth. Oleh karena itu, pihak TI Polda Jateng memutuskan untuk menggunakan management bandwidth. PC yang terhubung dengan jaringan ini menggunakan kabel UTP dan IP khusus yang telah ditentukan oleh pihak provider.

Untuk memaksimalkan kegiatan PJJ nantinya, pihak TI telah mengatur strategi akan memaksimalkan bandwidth agar tidak terjadi gangguan pada penggunaan aplikasi web conference.

2. Ruang kelas PJJ Polda Jateng

Polda Jateng memiliki satu ruang khusus yang cukup luas. Rencananya akan dibuat sebanyak 2 ruang kelas PJJ, jadi aka nada 3 ruang kelas PJJ di Polda Jateng.

3. Topologi Jaringan Polda Jateng


4. Sarana dan Prasarana Kelengkapan PJJ Polda Jateng

Polda Jateng telah mendapatkan bantuan dari ICITAP berupa alat-alat pendukung untuk kegiatan PJJ STIK – PTIK yang berupa Laptop Fujitsu, Webcam Logitech, Proyektor, Printer, Modem dan SIM Card. Polda Jateng juga sudah melengkapi perlengkapan guna menyempurnakan kegiatan PJJ nantinya berupa Speaker, Microphone, Mixer dan perlengkapan kelas lainnya.

Sejauh ini perlengkapan yang menunjang proses PJJ masih dalam keadaan baik dan dapat digunakan sebagaimana mestinya. Untuk itu dibutuhkan perawatan khusus demi menjaga kualitas perlengkapan tersebut.

5. Percobaan Big Blue Button dan WebEx menggunakan jaringan di Polda Jateng

Untuk uji coba aplikasi web conference di Polda Jateng, belum ada kendala serius dari jaringan Polda Jateng itu sendiri. Karena jaringan Polda Jateng yang cukup kuat dan stabil, ditambah dengan kerjasama bidang TI Polda Jateng yang memaksimalkan jaringan yang tersalur di kelas PJJ.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s