Aplikasi Sederhana Program C (Konversi Suhu)

Nama: Rizqia Wulan Sari

No. Reg: 49013098

Latihan Membuat Program C Sederhana

Pada tugas pembuatan video aplikasi sederhana ini saya membuat sebuah aplikasi atau program Perhitungan Konversi Suhu. Terdapat tiga pilihan suhu yaitu: Celcius, Fahrenheit dan Reamur. Pada program ini saya menggunakan perulangan do-while, control flow if dan switch. do-while digunakan untuk mengulang menu, sedangkan if untuk menampilkan pesan kesalahan, dan switch sebagai control flow dari pilihan yang saya berikan pada program ini.

Berikut flowchart dari program yang saya buat:

flowchart

Flowchart di atas menjelaskan secara singkat bagaimana alur dari program yang saya buat. Bisa disimpulkan bahwa pada awal mulai program akan muncul tampilan menu, menu tersebut terdiri dari 3 pilihan, jika angka pilihan yang dimasukkan tidak sesuai atau tidak valid, maka program akan menampilkan pesan kesalahan dan mengembalikannya ke tampilan menu. Sedangkan jika pilihan yang dimasukkan valid, maka program akan mengeksekusi sesuai dengan pilihan yang diambil. Setelah selesai mengeksekusi, maka akan muncul tampilan hasil konversi, selanjutnya program selesai.

Saya telah membuat sebuah video tutorial pembuatan program tersebut di atas, berikut videonya:

Leave a Reply

