BAB I Laporan Tugas Akhir

BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang

Pada era globalisasi saat ini yang diiringi dengan perkembangan dan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi, arus informasi pun harus disampaikan secara cepat dan akurat. Salah satu pemecahan masalah tersebut menggunakan sistem komputerisasi agar kegiatan tersebut dapat terselesaikan dan efesiensi kerja pun dapat ditingkatkan. Sedangkan pekerjaan yang dilakukan secara manual sangat membutuhkan ketelitian, kesabaran, keuletan serta waktu yang cukup lama dalam penyelesaiannya.

Pengolahan database merupakan suatu pengolahan data yang dilakukan dengan menggunakan komputer yang dapat mengurangi kekurangan pada pengolahan data secara manual, apalagi data yang diolah cukup banyak. Saat ini pengolahan database banyak digunakan pada dunia pendidikan maupun dunia non-pendidikan, misalnya untuk mempercepat proses memasukkan data (input), keluaran data (output), ubah data (edit), pencarian data serta penyajian laporan data yang cepat dan akurat dibutuhkan suatu sistem komputerisasi.

Yayasan Khazanah Kebajikan yang merupakan suatu yayasan panti asuhan di daerah Bukit Cirendeu Tangerang Selatan, memiliki santri sejumlah kurang lebih 400 anak yang tinggal di asrama pada yayasan tersebut. Administrasi keasramaan harus memiliki seluruh data santri dengan lengkap, sehingga seluruh data harus dikelola dengan menggunakan teknologi komputer. Saat ini pengelolaan data santri masih terbilang kurang efektif, karena data yang dikelola belum cukup tertata dengan rapi dan teratur, sehingga dibutuhkan adanya sebuah sistem yang dapat memperbaiki kegiatan pengelolaan data santri agar data santri dapat tersusun serta mempercepat proses pengolahan data dan menghasilkan keakuratan data.

Berdasarkan analisa tersebut, pada Tugas Akhir ini penulis merancang dan mengembangkan sistem guna memperbaiki sistem pengelolaan data santri yang saat ini digunakan.


1.2 Rumusan Masalah

Berdasarkan uraian pada latar belakang permasalahan, maka dapat disimpulkan rumusan masalah sebagai berikut:

  1. Bagaimana peranan sistem yang baru sehingga dapat memperbaiki kegiatan pengelolaan data pada sistem pengelolaan data santri yang sebelumnya?
  2. Bagaimana sistem dapat memiliki keakurasian dan keamanan dalam pengelolaan data santri?
  3. Bagaimana tampilan sistem informasi yang sederhana dan mudah digunakan oleh administrator?

1.3 Masalah

Pada penulisan tugas akhir ini penulis membuat batasan masalah, diantaranya adalah:

  1. Pembuatan aplikasi sistem informasi yang mengelola data keanggotaan santri putra dan santri putri berdasarkan kamar.
  2. Aplikasi dibuat menggunakan bahasa pemrograman PHP dengan software Adobe Dreamweaver CS5.
  3. Pengolahan database menggunakan bahasa pemrograman MySQL pada XAMPP.

1.4 Tujuan dan Manfaat

1.4.1    Tujuan

Berikut beberapa tujuan disusunnya laporan Tugas Akhir:

  1. Menghasilkan alternatif sistem informasi pengelolaan data santri untuk Yayasan Khazanah Kebajikan.
  2. Membuat sistem pengelolaan data santri yang aman dan efisien.
  3. Membuat sebuah sistem yang dapat mempermudah serta mempercepat proses pengelolaan data santri.

1.4.2    Manfaat

Dari pelaksanaan Tugas Akhir ini diharapkan memberikan manfaat, diantaranya:

  1. Memberikan solusi mengenai masalah pengelolaan data santri di Yayasan Khazanah Kebajikan.
  2. Membantu pengelolaan data santri di Yayasan Khazanah Kebajikan dapat tertata dengan baik.
  3. Kegiatan pengelolaan data santri mulai dari menyimpan, mengubah, menghapus data, melihat serta mencetak laporan menjadi lebih cepat dan dapat meningkatkan efisiensi kerja administrator.
  4. Menjadi acuan atau referensi bagi pihak lain yang akan melaksanakan Tugas Akhir.

1.5 Metode Penelitian

Objek Penelitian

Dalam laporan Tugas Akhir ini yang menjadi objek penelitian adalah pengelolaan data santri di Yayasan Khazanah Kebajikan yang masih terbilang kurang tertata dengan baik. Data untuk objek penelitian ini diperoleh dari hasil pengumpulan data dari administrasi di Yayasan Khazanah Kebajikan khususnya di bagian keasramaan.

Subjek Penelitian

Subjek penelitian pada laporan ini adalah “Sistem Informasi Pengelolaan Data Santri di Yayasan Khazanah Kebajikan”. Penelitian yang dilakukan lebih mengarah pada sistem informasi yang akan digunakan oleh administrator yang mengelola data santri di Yayasan Khazanah Kebajikan.

1.5.1 Metode Pengumpulan Data

Untuk melihat kondisi mengenai sistem pengelolaan data yang saat ini digunakan oleh Yayasan Khazanah kebajikan membutuhkan adanya suatu pengumpulan data. Data yang didapat juga harus lengkap dan sesuai dengan kondisi yang terjadi. Maka dari itu, penulis menggunakan 3 metode pengumpulan data yaitu Metode Observasi, Wawancara dan Studi Pustaka.

  1. Metode Observasi

    Pada metode ini, penulis mengamati secara langsung proses pengelolaan data santri serta kekurangan dan kelebihan sistem yang digunakan.

  2. Wawancara

    Wawancara merupakan metode pengumpulan data penulisan dengan cara mengajukan pertanyaan kepada pihak yang bersangkutan secara langsung, dengan kata lain studi lapangan merupakan metode wawancara.

  3. Studi Pustaka

Yaitu dengan cara membaca serta mempelajari buku-buku referensi yang digunakan dan materi kuliah yang berhubungan dengan laporan Tugas Akhir ini.

1.6    Sistematika Penulisan

Laporan Tugas Akhir ini menggunakan sistematika yang terdiri dari 5 (lima) bab, yaitu:

BAB I        : Pendahuluan

Pada bab ini penulis membahas tentang Latar Belakang, Perumusan dan Pembatasaan Masalah, Tujuan Penulisan, serta Sistematika Penulisan.

BAB II    : Landasan Teori

Dalam bab ini penulis mengemukakan dan memaparkan landasan teori dalam pembuatan sistem, diantaranya konsep dasar sistem informasi, konsep dasar santri, pemrograman PHP dan MySQL.

BAB III    : Analisa Sistem

Bab ini menguraikan kajian/analisis terhadap sistem pengelolaan data santri yang digunakan di Yayasan Khazanah Kebajikan, kemudian penulis memaparkannya dalam bentuk UML sebagai acuan untuk perancangan sistem informasi yang akan dikembangkan.

BAB IV    : Rancangan Dan Implementasi Sistem

Pada bab ini penulis merancang sistem informasi sesuai dengan materi yang diambil dari data yang diperoleh, diantaranya rancangan database, design input, design output dan spesifikasi hardware dan software.

BAB V    : Penutup

Bab ini berisikan tentang kesimpulan dari penulisan laporan ini serta saran dan masukan yang berguna bagi pihak administrasi di Yayasan Khazanah Kebajikan.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s