PROPOSAL TUGAS AKHIR

SISTEM INFORMASI PENGELOLAAN DATA SANTRI PADA YAYASAN KHAZANAH KEBAJIKAN BERBASIS PHP DAN MYSQL

 

 

 

 

 

NAMA: RIZQIA WULAN SARI

NIM. 2111310050

 

 

 

PROPOSAL TUGAS AKHIR

 

 

 

 

PROGRAM DIPLOMA MANAJEMEN INFORMATIKA
2013SISTEM INFORMASI PENGELOLAAN DATA SANTRI PADA YAYASAN KHAZANAH KEBAJIKAN BERBASIS PHP DAN MYSQL

 

 

Disusun oleh

RIZQIA WULAN SARI

NIM. 2111310050

 


 

 

 

PROPOSAL TUGAS AKHIR

 

PROGRAM DIPLOMA MANAJEMEN INFORMATIKA

 

 

Dosen Pembimbing I                Dosen Pembimbing II

 

 

 

Hersanto, S.Kom                    Abdul Rizal Adompo

 

 

 

  1. LATAR BELAKANG

Pada era globalisasi saat ini yang diiringi dengan perkembangan dan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi, arus informasi pun harus disampaikan secara cepat dan akurat. Salah satu pemecahan masalah tersebut menggunakan sistem komputerisasi agar kegiatan tersebut dapat terselesaikan dan efesiensi kerja pun dapat ditingkatkan. Sedangkan pekerjaan yang dilakukan secara manual sangat membutuhkan ketelitian, kesabaran, keuletan serta waktu yang cukup lama dalam penyelesaiannya.

Pengolahan database merupakan suatu pengolahan data yang dilakukan dengan menggunakan komputer yang dapat mengurangi kekurangan pada pengolahan data secara manual, apalagi data yang diolah cukup banyak. Saat ini pengolahan database banyak digunakan pada dunia pendidikan maupun dunia non-pendidikan, misalnya untuk mempercepat proses memasukkan data (input), keluaran data (output), ubah data (edit), pencarian data serta penyajian laporan data yang cepat dan akurat dibutuhkan suatu sistem komputerisasi.

Yayasan Khazanah Kebajikan yang merupakan suatu yayasan panti asuhan di daerah Bukit Cirendeu Tangerang Selatan, memiliki santri sejumlah kurang lebih 400 anak yang tinggal di asrama pada yayasan tersebut. Administrasi keasramaan harus memiliki seluruh data santri dengan lengkap, sehingga seluruh data harus dikelola dengan menggunakan teknologi komputer. Saat ini pengelolaan data santri masih terbilang kurang efektif, karena data yang dikelola belum cukup tertata dengan rapi dan teratur, sehingga dibutuhkan adanya sebuah sistem yang dapat memperbaiki kegiatan pengelolaan data santri agar data santri dapat tersusun serta mempercepat proses pengolahan data dan menghasilkan keakuratan data.

Berdasarkan analisa tersebut, pada Tugas Akhir ini penulis merancang dan mengembangkan sistem guna memperbaiki sistem pengelolaan data santri yang saat ini digunakan.

  1. TUJUAN

Tugas Akhir merupakan salah satu syarat untuk kelulusan mahasiswa Diploma III yang memiliki beberapa tujuan. Berikut beberapa tujuan disusunnya laporan Tugas Akhir yang saya simpulkan, diantaranya:

  1. Menghasilkan alternatif sistem informasi pengelolaan data santri untuk Yayasan Khazanah Kebajikan.
  2. Membuat sistem pengelolaan data santri yang aman dan tertata.
  3. Membuat sebuah sistem yang dapat mempermudah serta mempercepat proses pengelolaan data santri.
  4. MANFAAT

    Berikut beberapa manfaat yang dapat diperoleh dari Tugas Akhir:

    1. Membantu pengelolaan data santri di Yayasan Khazanah Kebajikan agar tertata dengan rapi dan teratur.
    2. Membuatkan sebuah sistem yang dapat digunakan oleh administrasi keasramaan Yayasan Khazanah Kebajikan.
    3. Mengaplikasikan pengetahuan yang telah didapat selama kuliah.
  5. BATASAN MASALAH

Pada penulisan tugas akhir ini penulis membuat batasan masalah, diantaranya adalah:

  1. Pembuatan aplikasi sistem informasi yang mengelola data keanggotaan santri putra dan santri putri berdasarkan pendidikan dan berdasarkan kamar, serta mengelola data keanggotaan non-santri seperti: pengurus, guru, dosen, dan warga Yayasan Khazanah Kebajikan lainnya.
  2. Aplikasi dibuat menggunakan bahasa pemrograman PHP dengan sedikit sentuhan script HTML.
  3. Pengolahan database menggunakan bahasa pemrograman MySQL pada XAMPP.
  4. IDENTIFIKASI DAN RUMUSAN MASALAH

Berdasarkan uraian pada latar belakang permasalahan, maka dapat disimpulkan rumusan masalah sebagai berikut:

  1. Bagaimana peranan sistem yang baru sehingga dapat memperbaiki kegiatan pengelolaan data pada sistem pengelolaan data santri yang sebelumnya?
  2. Bagaimana sistem dapat memiliki keakurasian dan keamanan dalam pengelolaan data santri?
  3. Bagaimana tampilan sistem informasi yang sederhana dan mudah digunakan oleh administrator?
  4. METODOLOGI PENELITIAN

Dalam penyusunan laporan ini, penulis menempuh beberapa langkah untuk mengumpulkan data dan informasi sebagai bahan untuk melengkapi materi pada tugas akhir ini. Beberapa metode atau yang digunakan adalah:

  1. Studi Lapangan

    Studi lapangan merupakan metode pengumpulan data penulisan dengan cara mengajukan pertanyaan kepada pihak yang bersangkutan secara langsung, dengan kata lain studi lapangan merupakan metode wawancara.

  2. Studi Pustaka

    Yaitu dengan cara membaca serta mempelajari buku-buku referensi yang digunakan dan materi kuliah yang berhubungan dengan laporan Tugas Akhir ini.

 

  1. TINJAUAN PUSTAKA

Berikut tinjauan pustaka yang digunakan dalam penulisan laporan Tugas Akhir, diantaranya adalah:

  1. Sistem Informasi Manajemen

    Sistem Informasi Manajemen merupakan sebuah sistem atau sebuah proses yang menyediakan informasi yang diperlukan untuk pengaturan secara efektif. Menurut sumber lain, sistem informasi manajemen adalah sebuah aplikasi dari konsep sistem informasi terhadap pengumpulan, penyimpanan dan diseminasi informasi untuk perencanaan manajemen dan pembuat keputusan. Tujuan utama dari pembuatan sebuah sistem informasi manajemen adalah:

  • Meningkatkan komunikasi diantara pekerja
  • Menyampaikan materi ke seluruh bagian institusi
  • Menyediakan sistem untuk penyimpanan dan pengambilan informasi
  • Mengurangi biaya untuk pekerjaan manual
  • Mendukung pencapaian tujuan perusahaan

Sistem informasi merupakan kumpulan dari beberapa sistem informasi yang bekerja sama untuk mencapai suatu tujuan dan menyediakan informasi yang diperlukan bagi semua tingkat manajemen guna pengambilan keputusan dan pengendalian. Bagi tingkat manajemen tinggi, sistem informasi berguna untuk mengambil keputusan strategis. Untuk tingkat manajemen lainnya, sistem informasi manajemen memastikan aktifitas institusi termonitor dan informasi terdistribusi ke semua lapisan dan pelanggan.

  1. Konsep Dasar Santri

    Santri adalah sebutan bagi murid yang mengikuti pendidikan di pondok pesantren. Sedangkan menurut KBBI, santri adalah orang yang mendalami agama, orang yang beribadat dengan sungguh-sungguh, dan orang yang saleh.

    Dari pengertian-pengertian tersebut, dapat disimpulkan bahwa santri adalah seseorang yang sedang mendalami ilmu agama Islam di pesantren yang berperilaku mencerminkan ketaatannya kepada Allah SWT. Namun di Yayasan Khazanah Kebajikan, santri merupakan anak yatim, piatu, yatim-piatu, dan fakir miskin yang tinggal di sebuah asrama yang ada di Yayasan Khazanah Kebajikan.

    Selain tinggal dan menetap, santri di Yayasan Khazanah Kebajikan juga mendapatkan kesempatan pendidikan yang cukup layak mulai dari SD, SMP, SMA, SMK hingga perguruan tinggi.

  2. PHP

PHP adalah bahasa pemrograman yang digunakan secara luas untuk penanganan pembuatan dan pengembangan sebuah web dan bisa digunakan pada HTML. PHP merupakan singkatan dari “PHP: Hypertext Prepocessor”, dan merupakan bahasa yang disertakan dalam dokumen HTML sekaligus bekerja di sisi server (server-side HTML-embedded scripting). Artinya sintaks dan perintah yang diberikan akan sepenuhnya dijalankan di server tetapi disertakan pada halaman HTML biasa, sehingga script-nya tak tampak di sisi client.

PHP dirancang untuk dapat bekerja sama dengan database server dan dibuat sedimikian rupa sehingga pembuatan dokumen HTML yang dapat mengakses database menjadi begitu mudah.

 

 

  1. MySQL

    MySQL adalah sebuah perangkat lunak sistem manajemen basis data SQL atau DBMS yang multithread dan multi-user. MySQL adalah Relational Database Management System (RDBMS) yang didistribusikan secara gratis dibawah lisensi GPL (General Public License). Setiap orang bebas untuk menggunakan MySQL.

    MySQL sebenarnya merupakan turunan dari SQL (Structured Query Language). SQL adalah sebuah konsep pengoperasian database, terutama untuk pemilihan atau seleksi dan pemasukan data, yang memungkinkan pengoperasian data dikerjakan dengan mudah secara otomatis. Sebagai database server, MySQL dapat dikatakan lebih unggul dibandingkan database server lainnya dalam query data. Hal ini terbukti untuk query yang dilakukan oleh single user, kecepatan query MySQL bisa sepuluh kali lebih cepat dari PostgreSQL dan lima kali lebih cepat dibandingkan Interbase.

  2. Database

        Database adalah sistem penyimpanan beragam jenis data dalam sebuah entitas yang besar untuk diolah sedemikian rupa agar mudah dipergunakan lagi. Data yang disimpan bisa sangat variatif (angka, teks, gambar, suara dan jenis data multi-media lainnya). Basis data merupakan kumpulan dari data yang saling berhubungan satu dengan yang lainnya, tersimpan di perangkat keras komputer dan digunakan perangkat lunak untuk memanipulasinya. Database merupakan salah satu komponen yang penting dalam sistem informasi, karena merupakan basis dalam menyediakan informasi bagi para pemakai.

     

  1. JADWAL PENENLITIAN
  2. DAFTAR PUSTAKA

    Devie Rosa Anamisa, Yeni Kustiyahningsih, Pemrograman Basis Data Berbasis Web Menggunakan PHP dan MySQL, Bangkalan, 2010.

    Rohim, Abdul. (2008). Sistem Informasi Administrasi Penjadwalan Kuliah AMIK Wahana Mandiri.

    Sucipto. (2012). Sistem Informasi Manajemen Berbasis Tren Teknologi Informasi. Tangerang.

    Hersanto. (2011). Sistem Basis Data. Tangerang.

  3. LAMPIRAN

Hasil Studi Lapangan (Wawancara):

Penulis:        Bagaimana sistem pengelolaan data santri di Yayasan Khazanah Kebajikan?

Narasumber:    Pengelolaan data santri di Yayasan Khazanah Kebajikan masih kurang tertata dengan baik. Kami belum menggunakan sebuah sistem khusus untuk mengelola data santri di yayasan kami.

Penulis:    Berapa banyak jumlah santri yang ada di yayasan ini?

Narasumber:    Kurang lebih sekitar 395 anak, yaitu 198 santri putra dan 197 santri putri.

Penulis:    Sehubungan dengan Tugas Akhir saya, bagaimana jika saya membuatkan sebuah sistem untuk mengelola data santri yang ada di yayasan ini?

Narasumber:    Boleh, kami memang membutuhkan sebuah sistem khusus agar data santri dapat dikelola dengan baik.

Penulis:    Saya akan membuatkan sebuah sistem informasi pengelolaan data santri untuk Yayasan Khazanah Kebajikan. Sistem informasi ini berbasis web PHP dan MySQL, yang memiliki sistem keamanan yaitu sistem login. Selain untuk mengelola data santri, sistem ini juga dapat menyimpan data guru dan warga lainnya yang ada di yayasan ini.

 


 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s