Laporan KKP BAB II

BAB II

KAJIAN TEORI

2.1 Sistem Informasi Manajemen

           Sebuah sistem diperlukan agar semua komponen tersebut dapat bergerak secara terpadu demi mencapai sebuah tujuan, sehingga semua komponen lainnya. Menurut beberapa ahli, sebuah sistem dapat didefinisikan sebagai:

–    Sistem merupakan seperangkat unsur yang saling terikat dalam suatu antar relasi diantara unsur-unsur tersebut dengan lingkungan (Ludwig Von Bartalanfy)

–    Sistem adalah suatu kumpulan kesatuan dan perangkat hubungan satu sama lain (Anatol Raporot)

–    Sistem adalah setiap kesatuan secara konseptual atau fisik yang terdiri dari bagian-bagian dalam keadaan saling tergantung satu sama lainnya (L. Ackof)

Sehingga dapat disimpulkan bahwa sebuah sistem merupakan suatu kesatuan dari komponen-komponen atau sub-sistem yang saling berinteraksi demi tercapainya suatu tujuan. Setiap komponen pada sebuah sistem sangat bergantung pada komponen lainnya, jika salah satu fungsi sistem tidak berfungsi, maka komponen yang lain akan terkena imbasnya.

Berdasarkan komponennya, sistem dapat dibagi menjadi dua, yaitu sistem abstrak dan sistem fisik. Sistem abstrak merupakan sebuah sistem dimana komponen yang terdapat di dalamnya tidak memiliki bentuk. Contoh sebuah sistem abstrak adalah sebuah sistem yang terbentuk dari pemikiran-pemikiran dan tidak nyata, seperti misalnya sistem pertimbangan dosa dan pahala.

Sistem Komputer merupakan contoh sebuah sistem fisik. Dimana di dalamnya terdapat berbagai komponen yang saling bekerja sama untuk mencapai sebuah tujuan. Keyboard akan menangkap input, mengirimkannya kepada bagian pemroses di prosesor dan memori, kemudian menampilkan outputnya di layar. Setiap komponen di dalam sistem komputer ini merupakan sub-sistem, sebagai contoh pembaca CD. Setelah CD yang ingin dibaca diletakkan di dalamnya, mata optik akan menembakkan sinar laser untuk membaca data, namun CD tersebut tidak akan terbaca jika CD tersebut tidak bergerak, maka motor akan menggerakkan CD tersebut sehingga data dapat terbaca dan dikirimkan ke sistem pemroses, sebuah sub-sistem lainnya dari sistem komputer.

Sebuah sistem yang bertujuan untuk mengolah sebuah data dari bentuk mentah, menjadi bentuk yang dapat dimanfaatkan untuk pengambilan keputusan selanjutnya, disebut dengan sistem informasi. Sistem informasi terdiri dari tiga bagian utama, yaitu proses masukan data (input), proses pengolahan data (throughput), dan keluaran (output). Dari sebuah data yang masih belum memiliki arti, kemudian diproses dalam sebuah sistem sehingga menjadi informasi yang dapat dimanfaatkan untuk pengambilan keputusan. Keputusan yang diambil tersebut akan menghasilkan data baru untuk dimasukkan ke dalam sistem. Perputaran arus informasi tersebut disebut dengan siklus informasi.


Gambar 2.1 Model Siklus Sistem Informasi

Proses pengolahan tersebut bertujuan untuk memperoleh informasi berkualitas, yaitu:

Informasi yang akurat, informasi yang dihasilkan harus bersifat benar dan tidak mengandung kesalahan-kesalahan yang dapat menyesatkan pengambilan keputusan.

Tepat waktu, informasi yang dihasilkan harus tepat waktu, informasi yang tidak disampaikan tepat waktu dapat menjadi informasi yang tidak berguna dan tidak dapat dimanfaatkan sama sekali.

Relevan, informasi yang dihasilkan harus sesuai dengan kebutuhan penerimanya, sebuah informasi yang sanga berharga bagi seseorang dapat saja menjadi informasi yang tidak bermanfaa bagi orang lain.

    Sistem Informasi Manajemen merupakan sebuah sistem atau sebuah proses yang menyediakan informasi yang diperlukan untuk pengaturan secara efektif. Menurut sumber lain, sistem informasi manajemen adalah sebuah aplikasi dari konsep sistem informasi manajemen adalah sebuah aplikasi dari konsep sistem informasi terhadap pengumpulan, penyimpanan dan diseminasi informasi untuk perencanaan manajemen dan pembuat keputusan. Tujuan utama dari pembuatan sebuah sistem informasi manajemen adalah:

  • Meningkatkan komunikasi diantara pekerja
  • Menyampaikan materi ke seluruh bagian institusi
  • Menyediakan sistem untuk penyimpanan dan pengambilan informasi
  • Mengurangi biaya untuk pekerjaan manual
  • Mendukung pencapaian tujuan perusahaan

Sistem informasi merupakan kumpulan dari beberapa sistem informasi yang bekerja sama untuk mencapai suatu tujuan dan menyediakan informasi yang diperlukan bagi semua tingkat manajemen guna pengambilan keputusan dan pengendalian. Bagi tingkat manajemen tinggi, sistem informasi berguna untuk mengambil keputusan strategis. Untuk tingkat manajemen lainnya, sistem informasi manajemen memastikan aktifitas institusi termonitor dan informasi terdistribusi ke semua lapisan dan pelanggan.


Gambar 2.2 Model Sistem Informasi untuk semua tingkat manajemen

2.2 Pengertian Data

    Data dapat didefinisikan sebagai baha keterangan tentang kejadian-kejadian nyata atau fakta-fakta yang dirumuskan dalam sekelompok lambing tertentu yang tidak acak yang menunjukkan jumlah, tindakan, atau hal. Data dapat berupa catatan-catatan dalam kertas, buku, atau tersimpan sebagai file dalam basis data. Data akan menjadi bahan dalam suatu proses pengolahan data. Oleh karena itu, suatu data belum dapat berbicara banyak sebelum diolah lebih lanjut. Contoh data adalah catatan identitas pegawai, catatan transaksi pembelian, catatan transaksi penjualan, dan sebagainya.

2.3 JAVA

    Bahasa pemrograman Java pada awalnya dibuat oleh James Gosling pada tahun 1995 sebagai bagian dari Sun Microsystem Java Platform. Sintaks Java banyak diturunkan dari C dan C++ tetapi lebih sederhana, ketat dan mempunyai akses ke OS yang lebih terbatas. Hal ini karena Java ditujukan sebagai bahasa pemrograman yang cukup sederhana untuk dipelajari dan mudah dibaca.

    Aplikasi Java ditulis sebagai file berektensi .java yang disusun (compile) menjadi file .class. File .class ini adalah bytecode yang bisa dijalankan disemua Java Virtual Machine, tidak prduli apapun OS-nya ataupun arsitektur processornya. Java adalah bahasa yang ditujukan untuk semua kebutuhan, concurrent, berbasis class, object oriented serta didesain agar tidak tergantung terhadap lingkungan dimana aplikasi dijalankan (OS dan processor).

    Java ditujukan agar dapat “ditulis sekali, bisa dijalankan dimanapun”. Sekarang ini, Java adalah bahasa pemrograman paling popular dan paling banyak digunakan untuk membuat aplikasi baik aplikasi di embedded system, mobile, desktop hingga web application.

    Java mempunyai lima prinsip penting yang dijadikan sebagai tujuannya, diantaranya adalah:

  1. Java harus “sederhana, object oriented dan mudah dimengerti”
  2. Java harus “kuat dan aman”
  3. Java harus “netral terhadap arsitektur sistem (OS, processor) dan bisa jalan dimanapun”
  4. Java harus bisa dijalankan dengan “kinerja yang tinggi”
  5. Java harus “interpreted, threaded dan dinamis”

    Dengan ke lima prinsip diatas, aplikasi java mempunyai popularitas yang sangat tinggi terutama di dunia enterprise application. Dimana semua prinsip diatas sangat cocok untuk jenis aplikasi ini. Industry yang mempunyai budget tinggi untuk IT seperti perbankan dan telekomunikasi menggunakan Java secara ekstensif. Banyak aplikasi dengan skala raksasa dibangun menggunakan platform Java.

    Java Platform terdiri dari tiga buah profile, yaitu: Java ME (Java Micro Edition) adalah java yang bisa berjalan di dalam embedded system seperti Java Card dan Handphone. Java SE (Java Standard Edition) adalah java yang bisa berjalan di dalam PC maupun server sebagai aplikasi standalone maupun aplikasi desktop. Java EE (Java Enterprise Edition) adalah profile java yang ditujukan untuk membuat aplikasi Enterprise seperti Web Application (Servlet) dan Enterprise Java Bean (EJB).

2.4 NetBeans IDE

    NetBeans merupakan Integrated Development Environment (IDE) berbasis Java dari Sun Microsystems yang berjalan di atas Swing. Swing adalah sebuah teknologi Java untuk pengembangan aplikasi Desktop yang dapat berjalan diberbagai macam platforms seperti Windows, Linux, Mac OS X dan Solaris.

    Suatu IDE adalah lingkup pemrograman yang diintegrasikan ke dalam suatu aplikasi perangkat lunak yang menyediakan pembangun Graphic User Interface (GUI), suatu text atau kode editor, suatu compiler atau interpreter dan suatu debugger.

    NetBeans merupakan software development yang Open Source, dengan kata lain software ini dibawah pengembangan bersama, bebas biaya. NetBeans IDE adalah sebuah lingkungan pengembangan untuk pemrograman yaitu: menulis, mengompilasi atau menyusun, mencari kesalahan dan menyebarkan program. NetBeans IDE ditulis dalam bahasa pemrograman Java, namun dapat mendukung bahasa pemrograman lain.

    Adapun kelebihan NetBeans IDE, antara lain:

  1. Mendukung berbagai bahasa pemrograman seperti Java, C/C++, php.
  2. Berjalan pada multiplatform sistem operasi termasuk Windows, Linux, Mac OS, Solaris.
  3. Berfungsi untuk pengembangan aplikasi mobile menggunakan bahasa Java.
  4. Mendukung untuk pengembangan aplikasi web menggunakan PHP.
  5. Mendukung permodelan perangkat lunak menggunakan UML.
  6. Terdapat banyak modul untuk mengembangkan lebih lanjut.
  7. Merupakan produk free atau gratis tanpa ada batasan penggunaannya.
  8. Merupakan produk open source.

2.5 Database

    Database atau basis data adalah kumpulan informasi yang disimpan di dalam komputer secara sistematik sehingga dapat diperiksa menggunakan suatu program komputer untuk memperoleh informasi dari basis data tersebut. Perangkat lunak yang digunakan untuk mengelola dan memanggil kueri (query) basis data tersebut disebut sistem manajemen basis data (database management system, DBMS).

    Konsep dasar dari basis data adalah kumpulan dari catatan-catatan, atau potongan dari pengetahuan. Sebuah basis data memiliki penjelasan terstruktur dari jenis fakta yang tersimpan di dalamnya yang disebut skema. Skema menggambarkan obyek yang diwakili suatu basis data, dan hubungan di antara obyek tersebut. Ada banyak cara untuk mengorganisasi skema, atau memodelkan struktur basis data yang dikenal sebagai model basis data atau model data. Model yang umum digunakan sekarang adalah mdel relasional, yang menurut istilah layman mewakili semua informasi dalam bentuk tabel-tabel yang saling berhubungan dimana setiap tabel terdiri dari baris dan kolom (definisi yang sebenarnya menggunakan terminologi matematika).

    Istilah basis data mengacu pada koleksi dari data-data yang saling berhubungan, dan perangkat lunaknya seharusnya mengacu sebagai sistem manajemen basis data (database management system/DBMS). Jika konteksnya sudah jelas, banyak administrator dan programer menggunakan istilah basis data untuk kedua arti tersebut.

2.6 XAMPP

    XAMPP adalah perangkat lunak bebas yang mendukung banyak sistem operasi yang merupakan kompilasi dari beberapa program. Fungsinya adalah sebagai server yang berdiri sendiri (localhost), yang terdiri atas program Apache HTTP Server, MySQL database dan penerjemah bahasa yang ditulis dengan bahasa pemrograman PHP dan Perl.

    Nama XAMPP merupakan singkatan dari X (empat sistem operasi apapun), Apache, MySQL, PHP dan Perl. Program ini tersedia dalam GeneralPublic License (GNU) dan bebas, merupakan web server yang mudah digunakan yang dapat melayani tampilan halaman web yang dinamis. Untuk mendapatkannya dapat mendownload langsung dari web resminya.

XAMPP adalah kepanjangan yang masing-masing hurufnya adalah:

X : Program ini dapat dijalankan dibanyak sistem operasi, seperti Windows, Linux, Mac OS, dan juga Solaris.

A : Apache, merupakan aplikasi web server. Tugas utama Apache adalah menghasilkan halaman web yang benar kepada user berdasarkan kode PHP yang dituliskan oleh pembuat web, maka dapat saja suatu database diakses terlebih dahulu (misalnya dalam MySQL) untuk mendukung halaman web yang dihasilkan.

M : MySQL, merupakan aplikasi database server. Perkembangannya disebut SQL yang merupakan kepanjangan dari Structure Query Language. SQL merupakan bahasa terstruktur yang digunakan untuk mengolah database. MySQL dapat digunakan untuk membuat dan mengelola database beserta isinya. Kita dapat memanfaatkan MySQL untuk menambahkan, mengubah dan menghapus data yang berada dalam database.

P : PHP, bahasa pemrograman web. Bahasa pemrograman PHP merupakan bahasa pemrograman untuk membuat web yang bersifat server-side scripting. PHP memungkinkan kita untuk membuat halaman web yang bersifat dinamis. Sistem manajemen basis data yang sering digunakan bersama PHP adalah MySQL.

P : Perl adalah bahasa pemrograman untuk segala keperluan, dikembangkan pertama kali oleh Larry Wall di mesin Unix. Perl dirilis pertama kali pada tanggal 18 Desember 1987 ditandai dengan keluarnya Perl 1. Pada versi-versi selanjutnya, Perl tersedia pula untuk berbagai sistem operasi varian Unix (SunOS, Linux, BSD, HP-UX), juga tersedia untuk sistem operasi seperti DOS, Windows, Power PC, BeOS, VMS, EBCDIC, dan PocketPC.

2.7 MySQL

    MySQL adalah sebuah sistem manajemen database yang bersifat open source. MySQL adalah pasaangan serasi dari PHP. MySQL dibuat dan dikembangkan oleh MySQL AB yang berada di Swedia.

    MySQL dapat digunakan untuk membuat dan mengelola database beserta isinya, yaitu untuk menambahkan, mengubah dan menghapus data yang berada di dalam database.

    MySQL merupakan sistem manajemen database yang bersifat relasional. Artinya data-data yang dikelola dalam database akan diletakkan pada beberapa tabel yang terpisah, sehingga manipulasi data akan menjadi lebih cepat.

    MySQL dapat digunakan untuk mengelola database mulai dari yang kecil sampai dengan yang besar. MySQL juga dapat menjalankan perintah-perintah Structured Query Language (SQL) untuk mengelola database-database relasional yang ada di dalamnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s