Pengalaman Perkuliahan Belajar Menulis “Mengikat Makna”

Menurut saya, mata kuliah belajar menulis ini memberikan banyak manfaat. Saya mendapatkan wawasan lebih tentang menulis, cara mengatasi kejenuhan dalam menulis, keterampilan menulis, dan sebagainya. Manfaat-manfaat tersebut sangatlah penting, terutama bagi mahasiswa seperti saya. Sejak SMP saya sudah hobi menulis. Namun karena pengetahuan yang terbatas, saya hanya dapat menulis cerita pendek yang terbilang sederhana dan bahasa yang digunakan pun bahasa Indonesia yang tidak baku atau bahasa pergaulan. Saya juga sempat memiliki cita-cita menjadi seorang penulis. Namun saya rasa itu hanya sebuah mimpi, karena begitu banyak kegiatan yang saya lakukan saat ini sehingga saya tidak bisa fokus untuk membuat sebuah tulisan. Karena menurut saya, menulis membutuhkan konsentrasi penuh dan pikiran yg jernih. Tetapi dengan adanya perkuliahan ini, saya berharap suatu saat nanti saya dapat menulis bahkan menjadi seorang penulis.

 

Pertanyaan:

1. Apakah seorang penulis yang berhasil dan ternama dikarenakan memiliki bakat menulis atau karena ketekunan dalam membuat sebuah tulisan?

2. Bagaimana bisa penulis dapat membuat sebuah buku yang halamannya terbilang ratusan, sedangkan saya dalam membuat cerita pendek saja sering kali kehabisan ide?

3. Apa yang menjadi kendala tersulit seorang penulis dalam membuat sebuah buku?

Leave a Reply

