Laporan KKP BAB I

BAB I

 

PENDAHULUAN

 

1.1      Latar Belakang Masalah

Di era globalisasi sekarang ini dengan perkembangan dan kemajuan teknologi yang semakin canggih, arus informasi harus disampaikan secara cepat dan akurat. Dengan demikian meluasnya kegiatan dan kebutuhan manusia semakin membutuhkan komputer guna menyelesaikan masalah dan kegiatan agar dapat meningkatkan efisiensi kerja. Tidak hanya di perusahaan besar, di instansi pendidikan salah satunya seperti yayasan pun memerlukan kemajuan teknologi ini dalam kegiatan pengolahan data siswa.

Yayasan Khazanah Kebajikan memiliki santri kurang lebih sebanyak 400 anak dan seluruh santri harus memiliki data yang lengkap, sehingga data santri harus dicatat dan disimpan dengan memanfaatkan teknologi komputer. Pengolahan data tersebut masih terbilang kurang efektif dan efisien karena masih menggunakan Microsoft Excel, sedangkan jumlah santri yang ada cukup banyak dan datanya pun suatu saat bisa berubah-ubah. Untuk itu dibutuhkan sebuah aplikasi untuk mengolah data dengan lebih efektif dan efisien.

Berdasarkan uraian di atas, penulis tertarik untuk membuat laporan KKP ini dengan judul “Perancangan Sistem Informasi Pengolahan Data Santri Pada Keasramaan di Yayasan Khazanah Kebajikan Berbasis Java”.

 

 

1.2      Identifikasi dan Pembatasan Masalah

            Penulisaan laporan perancangan sistem informasi pengolahan data santri ini dibatasi hanya mengenai perancangan sistemnya dan tata cara pembuatannya dengan menggunakan aplikasi Netbeans IDE 7.0.1 dan MySQL pad XAMPP untuk penyimpanan databasenya.

Proses perancangan sistem ini dilakukan dengan sebaik mungkin, tampilannya pun cukup sederhana dan mudah dipahami agar dapat digunakan dengan mudah oleh penggunanya.

1.3      Rumusan Masalah

            Permasalahan yang dihapadi dalam perancangan sistem informasi pengolahan data santri berbasis java ini, yaitu:

  1. Bagaimana tata cara pembuatan sistem informasi menggunakan aplikasi Netbeans IDE dan XAMPP sehingga menghasilkan sebuah sistem informasi yang dapat mengelola seluruh data santri dengan efektif dan efisien.
  2. Bagaimana tampilan sistem informasi yang sederhana mudah untuk digunakan oleh penggunanya?
  3. Apakah sistem informasi ini dapat mengolah data santri secara akurat?
  4. Apakah sistem informasi ini memiliki keamanan dalam penggunaannya?

1.4      Tujuan Penyusunan Laporan

            Dalam melakukan hubungan secara langsung di dalam kehidupan bermasyarakat yang nyata, seorang mahasiswa memerlukan suatu wadah untuk menerapkan dan mengaplikasikan teori-teori yang diperoleh dibangku perkuliahan ke dalam praktek sesuai dibidangnya masing-masing dengan melaksanaan program Kuliah Kerja Praktek (KKP). Setelah melaksanakan KKP, mahasiswa diharuskan untuk menyusun laporan kegiatan sebagai bukti terselesaikannya kegiatan tersebut. Laporan KKP juga dapat digunakan sebagai panduan kepada rekan-rekan mahasiswa maupun masyarakat luas.

Berikut merupakan rincian maksud dan tujuan pembuatan laporan perancangan sistem informasi pengolahan data santri:

  1. Menghasilkan sebuah sistem informasi pengolah data santri yang efektif dan efisien untuk Yayasan Khazanah Kebajikan.
  2. Salah satu syarat kelulusan mata kuliah semester 5.
  3. Sebagai syarat mahasiswa sebelum mengikuti mata kuliah TA (Tugas Akhir).
  4. Untuk menerapkan dan mempraktekkan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang telah diperoleh selama kuliah di dunia kerja.
  5. Sebagai referensi untuk mahasiswa lain dan masyarakat luas.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s