UML (Unified Modelling Language)

Kasus VI

 

Warung Telepon Kontak Terus (WTKT) menyediakan jasa pelayanan telepon lokal, interlokal, dan internasional. Pemakai dapat menggunakan telepon yang tersedia dibox-box telepon. Data pembicaraan seperti jam bicara, lama bicara, tujuan, semuanya tercatat dikomputer operator. Begitu pembicaraan berakhir, komputer akan menghitung besarnya tagihan dan mencetak struk tagihan. Penghitungan ini dilakukan dengan melihat tabel yang biaya yang terdiri dari zona tujuan bicara, lama, dan waktu bicara. Waktu bicara perlu dicatat berhubung perumtel/indosat menawarkan diskon pada waktu-waktu tertentu. Sesudah warung ini ditutup (jam 22.00), operator akan menjalankan program pembuatan laporan transaksi harian yang berisi detil transaksi dan total penerimaan.

 

Use Case Diagram

Keterangan:

  1. Operator Login ke dalam sistem untuk dapat:
  • Menghitung tagihan
  • Mencetak tagihan
  • Membuat Laporan transaksi

     

  1. Pengguna Login ke dalam sistem untuk dapat:
  • Menggunakan telepon

 

Activity Diagram

  1. Activity Login

     

    Activity diagram di atas menggambarkan proses login yaitu, Dari user mengakses Sistem Informasi Warung telepon, lalu sistem akan menampilkan form login yang harus diisi oleh username dan password, sistem pun akan mengecek data login jika data itu benar maka akan masuk ke dalam sistem apabila data login salah, user akan menerima pesan kesalahan dan mengulangi login.

     

  2. Activity Hitung tagihan dan Cetak struk

     

        Activity diagram diatas menggambarkan proses menghitung tagihan, yaitu user atau pengguna akan menggunakan telepon, lalu sistem akan mencatat data pembicaraan mulai dari jam bicara, lama bicara, tujuan, semuanya tercatat dikomputer operator. Begitu pembicaraan berakhir, komputer akan menghitung besarnya tagihan dan mencetak struk tagihan. Penghitungan ini dilakukan dengan melihat tabel yang biaya yang terdiri dari zona tujuan bicara, lama, dan waktu bicara. Waktu bicara perlu dicatat berhubung perumtel/indosat menawarkan diskon pada waktu-waktu tertentu.

     

  3. Activity Membuat laporan transaksi harian

     

     

        Activity diagram diatas menggambarkan proses pembuatan laporan transaksi harian, yaitu operator atau user menjalankan program pembuatan laporan transaksi, lalu sistem akan mencetak laporan transaksi yang berisi detil transaksi dan total penerimaan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s