Membuat Class, Object, dan Memanggil Atribut

Class merupakan bentuk logis yang menjadi landasan pada pemograman berorientasi object yang mendefinisikan bentuk dan perilaku objek. Class dapat juga didefinisikan sebagai tempat untuk mencetak sebuah object.
Contoh Class: Class Komputer, Class Motor, Class Hewan, dsb.

Object merupakan representasi nyata dari Class atau dengan kata lain merupakan cetakan dari sebuah Class.
Contoh Object: dari Class Hewan = kucing, sapi, kelinci, dsb.

Atribut merupakan data yang lebih spesifik yang terdapat pada suatu Object yang ada pada sebuah Class untuk membedakan objek yang satu dengan objek lainnya.
Contoh Atribut: dari Class Hewan, Object Kucing = mata, telinga, kumis, dsb.

Berikut contoh script membuat class, object dan memanggil atribut:

Nama file = Hewan.java
class Hewan {
String namaHewan, warna;
int umur;
}

Nama file = HewanBeraksi.java
public class HewanBeraksi{
public static void main(String[] args){

// Membuat object
Hewan hewanku = new Hewan();

/* memanggil atribut dan memberi nilai */
hewanku.namaHewan = “Kucing”;
hewanku.warna = “Putih”;
hewanku.umur=3;
System.out.println(“Nama hewan: ” + hewanku.namaHewan);
System.out.println(“Warna: ” + hewanku.warna);
System.out.println(“Umur: ” +hewanku.umur+”tahun”);
}
}

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s