Tentang CPanel

Web hosting adalah tempat kita menyimpan data web untuk bisa diakses melalui www/hhtp.  Kalau kita akan menekuni bisnis online atau bisnis internet, dan ada niatan menyewa web hosting dan domain ada baiknya kita belajr dulu mengenai web hosting. Untuk bisa langsung mempraktikkannnya anda bisa mencoba dulu di webhosting gratisan. Silakan searching aja di google, anda akan mendapatkan penyedia layanan web hosting gratis.
Berikut adalah menu cPanel yang akan kita pelajari.

Webmail
Untuk membaca email lewat web browser tanpa menghapus file email pada server dan meninggalkan email pada komputer klien. Anda juga dapat menjawab dan mengirim email seperti layaknya email web-based service lainnya. Setelah masuk halaman webmail, pilihlah salah satu diantara beberapa email web-based program yang terinstal. Dalam contoh ini terdapat 3 buah program email web-based yang fungsinya sama; Horde, SquirrelMail, dan RoundCube.

Change Password

Menu ini berfungsi untuk mengganti password account web hosting Anda termasuk didalamnya password untuk login ke cPanel, FTP, dan lain-lain.

Parked Domain
Fitur ini berfungsi untuk melakukan setting domain yang akan diparkir kehalaman website Anda. Pastikan Anda telah mengarahkan DNS domain yang akan Anda parkir ke alamat DNS website utama Anda atau tanyakan kepada administrator web hosting mengenai alamat DNS Anda. Pengeditan alamat DNS dilakukan ditempat Anda membeli domain.

Addon Domains

Fitur ini memungkinkan Anda untuk menghosting website lain pada account yang sama melalui sebuah subdomain.

FTP Manager
FTP Accounts – Menu ini dipergunakan untuk membuat account FTP tambahan. Contohnya apabila Anda ingin sebuah subdomain memiliki account FTP sendiri.
Setup Anonymous FTP Access – Menu ini dipergunakan untuk mensetup anonymous FTP Access atau account bebas login untuk fungsi FTP.
Anonymous FTP Message – Menu ini dipergunaka untuk membuat pesan bagi user yang menggunakan anonymous FTP Anda.
FTP Session Control – Menu dipergunakan untuk menentukan masa waktu sesi FTP (time-out).

File Manager

Fitur ini berfungsi untuk memanage file-file dan folder Anda didalam server, antara lain Anda dapat membuat, mengupload, download, menghapus, memindahkan, mengedit, menyalin, dan mengganti nama (rename). File-file utama website yang dapat diakses melalui web browser terdapat didalam folder public_html.

Disk Space Usage
Menu ini berfungsi untuk melihat kuantitas pemakaian disk space yang telah digunakan untuk account Anda.

Backups

Menu ini berfungsi untuk melakukan backup maupun me-restore backup account Anda, baik backup global maupun backup database. File backup dapat disimpan pada server maupun didownload untuk disimpan dikomputer Anda.

Password Protect Directories

Dengan fitur ini Anda dapat memproteksi sebuah directory untuk membatasi akses pengunjung dengan mewajibkan pengakses mengisi password terlebih dahulu.

Error Pages

Tool ini berfungsi untuk membuat halaman pemberitahuan error. Umumnya pada setiap browser telah terinstal halaman error untuk ditampilkan apabila halaman website yang diakses mengalami error. Dengan membuat halaman error sendiri akan terkesan lebih sopan dan ramah.

Subdomain
Menu berfungsi untuk membuat dan menghapus subdomain. Subdomain adalah cabang domain utama yang berdiri sendiri dan ditempatkan dalam sebuah sub direktori utama (public_html).

MySQL® Databases
Anda dapat menggunakan menu ini untuk membuat, memodifikasi, maupun menghapus database.

Redirects

Fitur ini digunakan untuk membuat redirect sebuah URL menuju halaman tertentu. Contohnya Anda ingin mempersingkat URL sebuah halaman penting.

FrontPage® Extensions
Dengan FrontPage Extensions Anda akan lebih mudah mempublish website melalui FrontPage application dari Windows. Hanya gunakan jika benar-benar dibutuhkan atau Anda benar-benar paham penggunaan aplikasi FrontPage.

Web/FTP Stats

Fitur ini berfungsi untuk mencatat statistik website Anda antara lain data pengunjung, pemakaian bandwitdh, pemakaian disk space, aktifitas robot, pemakaian FTP, dan lain-lain.

Raw Access Logs
Fitur ini adalah catatan pengakses website dalam bentuk grapik yang dapat Anda download untuk keperluan analisa.

Raw Log Manager
Fitur ini berfungsi untuk mengatur catatan-catatan yang tersimpan pada server Anda. Anda dapat menghapus file log yang sekiranya tidak lagi dibutuhkan lewat menu ini.

Error Log
Pada menu ini Anda dapat melihat 300 catatan error terakhir yang terjadi pada website Anda. Rutinlah memeriksa catatan error ini sehingga Anda dapat segera melakukan perbaikan apabila menjumpai error.

Subdomain Stats
Pada menu ini Anda dapat menganalisa statistik untuk subdomain. Umumnya tersedia 3 jenis statistik terinstal untuk menganalisa statistik subdomain; Latest visitor, webalizer dan analog.

Chatroom

Menggunakan fitur ini, Anda dapat menginstal sebuah chatroom untuk website Anda secara instan. Karena alasan keamanan, tidak semua penyedia webhosting mengijinkan Anda untuk menggunakan aplikasi Entropy Chat ini.

PhpMyChat

Sama seperti Entropy Chat, PhpMyChat adalah sebuah aplikasi chatroom yang dapat Anda install secara instan untuk website anda. Bedanya, PhpMyChat menggunakan database untuk menyimpan aktifitas chat, dan cenderung lebih aman dibanding Entropy Chat. Sama seperti fitur Chatroom, aktif tidaknya fitur ini tergantung kebijaksanaan atau fitur paket web hosting Anda. Jika tidak diijinkan, Anda dapat menginstal beberapa aplikasi eksternal chatroom yang banyak tersedia secara gratis di internet atau ShoutBox populer seperti yang ditawarkan http://oggix.com.

Bulletin Board

Dengan fitur ini Anda dapat menambahkan sebuah bulletin board kedalam website Anda. Bulletin board adalah sebuah panel diskusi online sejenis forum.

CGI Center
CGI Center adalah kumpulan pre-installed script yang siap pakai untuk dapat Anda gunakan memperkaya tampilan dan fitur website Anda.

Scripts Library

Sama seperti CGI Center, Scripts Library adalah kumpulan aplikasi siap pakai yang dapat Anda instal secara instan. Umumnya penyedia web hosting yang telah memberikan fitur Fantastico tidak lagi mengaktifkan fitur Scripts Library ini.

Agora Shopping Cart

Jika Anda ingin menggunakan aplikasi shopping cart untuk website, Anda dapat memanfaatkan fitur ini. Dengan sekali klik, Agora Shopping Cart siap digunakan. Namun tidak semua web hosting menawarkan fitur ini selain alasan keamanan, fitur Fantastico menawarkan shopping cart yang lebih populer.

Cron Jobs

Cron Jobs adalah fitur yang berfungsi untuk mengeksekusi perintah-perintah UNIX untuk menjalankan sebuah script secara otomatis dan berkala.

Network Tools

Network tools berfungsi untuk mencari informasi mengenai sebuah website dengan trace route dan dapat dimanfaatkan untuk memastikan perubahan DNS.

MIME Types

MIME Types adalah ragam jenis ekstensi file yang didukung oleh server dan browser pada komputer client.

Apache Handlers

Apache Handlers berfungsi untuk memerintah Apache akan apa yang harus dilakukan terhadap suatu file.

Manage OpenPGP Keys

Menu ini berfungsi untuk membuat GnuPG keys public maupun private. GnuPG adalah mekanisme penyamaran (encrypt) pesan menggunakan public key dan untuk membacanya digunakan private key.

Hotlink Protection

Hotlink Protection digunakan untuk mencegah linking langsung ke file pada website Anda. Umumnya hotlink protection dimanfaatkan untuk melindungi file gambar/video pada website agar tidak digunakan oleh website-website lain secara langsung untuk penghematan bandwidth.

Leech Protection
Leech Protection berfungsi untuk memanage direktori yang telah diproteksi. Apabila Anda memberikan username dan password folder kepada teman Anda dan kemudian teman Anda memberikan username + password tersebut secara terbuka ke publik (misalnya ke forum atau mailing-list), maka kemungkinan Leech Protection ini dapat membantu Anda. Anda dapat menentukan berapa jumlah pengguna yang diizinkan untuk masuk dengan username & password tersebut dalam waktu 2 jam (misalnya 2 pengguna). Anda juga dapat mengatur agar Anda mendapatkan email peringatan setiap kali ada lebih dari 2 pengguna yang mencoba masuk menggunakan username dan password tersebut. Anda juga dapat menentukan ke alamat apa pengguna tersebut akan dialihkan.

Index Manager
Index Manager digunakan untuk mengatur perlakuan terhadap sebuah direktori. Jika Anda ingin sebuah direktori tidak dapat diakses, setting sebagai no indexing.

IP Deny Manager
Dengan fitur ini Anda dapat melakukan pemblokiran terhadap IP tertentu. Fitur ini sangat berguna untuk melindungi website dari serangan pihak luar yang menguras pemakaian bandwidth karena suatu alasan tertentu.

Change Language
Anda dapat mengubah bahasa yang digunakan cPanel pada menu ini. Apabila bahasa yang Anda inginkan tidak terdapat pada list, Anda dapat menghubungi administrator web hosting untuk menambahkannya.

SSL Manager
Fitur ini berfungsi untuk mengatur SSL yang akan digunakan untuk website Anda. Untuk menginstal SSL mintalah bimbingan administrator web hosting Anda.

Statistics Software Configuration
Fitur ini berfungsi untuk mengatur software statistik yang telah dan akan diinstal untuk website Anda.

Fantastico DeLuxe
Fantastico adalah fitur dari cPanel yang paling populer. Fantastico berisi aplikasi-aplikasi website yang dapat diinstal ke website Anda secara otomatis dan mudah. Untuk pelatihan ini, kita akan memanfaatkan fitur Fantastico untuk menginstal web berbasis blog, yaitu WordPress.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s