what the meaning of “freedom” ??

Banyak orang yang beranggapan bahwa “freedom” atau dalam bahasa Indonesia berarti “kebebasan” itu adalah suatu hal dimana kita bisa melakukan apa saja yang kita inginkan. Saya pun setuju dengan anggapan itu. Namun sebenarnya saya sendiri tidak tau betul arti dari “kebebasan” itu sendiri, karena saya tidak pernah merasakan hal itu. Betapa lucunya saya yang tidak merasakan “kebebasan”, sedangkan orang lain sering kali merasakan itu. Padahal ini juga negara bebas. Kita bebas melakukan apa saja yang kita mau di negara ini selagi tidak menyimpang dengan peraturan yang ada. Sedangkan saya, seperti hidup di dalam sangkar dan tidak bisa kemana mana. Sering kali saya merasa iri kepada orang lain yang memiliki “kebebasan”. Mereka seperti burung yang bisa terbang sesuka mereka, terbang kemana pun mereka pergi. Tapi saya tidak boleh iri. Mungkin ini sebuah pelajaran, cobaan atau apa lah untuk saya. Saya hanya bisa hidup didalam sangkar.

Itu cerita saya, apa ceritamu ?

Leave a Reply

