skenario game

Hilda Si Gadis Rajin

 

1.       Premis

Usaha yang sungguh-sungguh dapat membuahkan Keberhasilan

2.       Sinopsis

a. Jalannya cerita

Ada seorang gadis kecil bernama Hilda, yang duduk dibangku kelas V SD. Ibu Hilda adalah seorang ibu rumah tangga, sedangkan ayah Hilda adalah seorang petani. Hilda memiliki seorang adik bernama Fahri. Fahri adalah siswa kelas I SD. Setiap hari Hilda melakukan aktifitas seperti yang dilakukan anak pada umumya. Di pagi hari sebelum berangkat sekolah, Hilda selalu membantu ibunya melakukan pekerjaan rumah. Setelah membantu orang tuanya, Hilda melakukan aktivitas di sekolahnya. Suatu hari, di sekolah Hilda akan di adakan ulangan lisan IPS. Agar dapat menjawab seluruh pertanyaan dengan baik, maka Hilda harus belajar dengan sungguh-sungguh. Namun disamping harus belajar , Hilda  juga harus membantu kedua orang tuanya. Seluruh kegiatan tersebut harus terkoordinasi dengan baik.

b. Rumusan masalah

Bagaimana cara mengatur waktu untuk membantu orang tua dan belajar.

  1. Rumusan solusi

Berusaha untuk tetap membantu orang tua, walaupun harus belajar untuk ulangan lisan di sekolah.

  1. Titik krisis sebagai tantangan
  • Menyelesaikan tugas yang diberikan oleh orang tuanya. Apabila tidak tepat pada waktunya, maka Hilda tidak bisa menjawab seluruh pertanyaan ulangan IPS dengan baik.
  • Mencari cara agar belajar dapat dilakukan sambil mengerjakan tugas dari orang tua.
  • Menjawab seluruh pertanyaan yang diajukan oleh guru IPS dengan baik.

Pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh gurunya adalah sebagai berikut :

  1. Pada tahun 1602, Belanda mendirikan serikat dagang yang disebut . . . .
    1. UNCI                          c. VOC
    2. IEC                             d. NICA
  1. Pemimpin VOC adalah . . . .
    1. Max Havelar               c. Cornelis de Houtman
    2. Pieter Both                  d. JP. Coen
  1. Pahlawan yang dijuluki pahlawan dari Gua Selarong adalah . . . .
    1. Pangeran Antasari                   c. Teuku Umar
    2. Pangeran Diponegoro             d. I Gusti Ketut Jelantik
  1. Kerja paksa pada jaman Jepang disebut . . . .
    1. rodi                  c. tanam paksa
    2. romusha           d. bakti
  1. Salah satu tokoh yang menentang keras sistem tanam paksa, yaitu . . . .
    1. Edward Douwes Dekker                    c. JP. Coen
    2. Sultan Agung                                      d. Pieter Both
  1. BPUPKI dibentuk pada tanggal . . . .
    1. 3 Oktober 1943           c. 1 Maret 1945
    2. 16 April 1943              d. 11 Agustus 1942
  1. Ketua BPUPKI adalah . . . .
    1. Muh. Yamin                c. Ir. Soekarno
    2. R.P. Soeroso               d. Radjiman Widyodiningrat
  1. Pencipta lagu Indonesia Raya adalah . . . .
    1. Muwardi                     c. W.R. Supratman
    2. Amir Machmud           d. Edi Soed
  1. Teks Proklamasi dibacakan oleh . . . .
    1. Ir. Soekarno                            c. Sukarni
    2. Soekarno – Hatta                    d. Moh. Hatta
  1. Hari lahir Pancasila jatuh pada . . . .
    1. 28 Agustus 1945                     c. 5 Maret 1945
    2. 1 Juni 1945                              d. 29 Juni 1945

Kunci Jawaban  :  c d b b a c d c c a b

3.      Skenario

a. Lokasi

In door      :  rumah, ruang kelas

Out door   :  halaman rumah, bukit, halaman sekolah

  1. Tokoh dan Karakter (Perwatakan)

ü    Hilda         :  rajin, pandai, berbakti kepada kedua orang tua

ü    Fahri          :  pandai, agak sedikit malas (adik)

ü    Ibu             :  sabar, lemah lembut, baik hati

ü    Ayah         :  tegas, bijaksana

ü    Guru          :  bijaksana, baik hati

ü    Sela           :  baik, setia kawan (teman)

b. Dialog

  • Scene 1      :  Narasi
  • Scene 2      :  Rumah Hilda

Dialog dengan ibu dan adik.

  • Scene 3      :  Halaman Rumah

Dialog dengan ayah.

  • Scene 4      :   Halaman Sekolah

Dialog dengan teman (Sela).

  • Scene 5      :  Ruang Kelas

Dialog dengan guru (menjawab pertanyaan).

THE END

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s